Jangan takut jatuh, karena yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Jangan takut gagal, karena yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, karena dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.

Daftar Isi

Sunday, March 19, 2017

Pengalaman Melamar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJSTK 2017


Sekitar pertengahan februari hingga awal maret 2017 dibuka pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dengan banyak lowongan, ketika itu saya salah satu orang yang tidak mau melewatkan peluang ini, saya apply lewat web resminya pada tanggal 1 maret 2017. Untuk melamar lewat online, harus register dulu mengisi banyak sekali informasi diri, kemudian sampai lah ke menu lowongan, saya memilih posisi Pelayanan dan Pemasaran karena background pendidikan saya adalah S1 Matematika dan yang dapat masuk hanya pada posisi itu. Sebenarnya ada beberapa posisi lain dengan peluang yang lebih banyak seperti Penata Madya Umum dan Penata Madya Administrasi Pemasaran. Posisi posisi itu dibuka untuk segala jurusan, tapi karena posisi tsb hanya dibutuhin untuk lulusan minimal D3, maka saya lebih memilih posisi Pelayanan dan Pemasaran yang diperuntukan khusus untuk S1. Sebenarnya saya masih bisa apply posisi untuk D3 tersebut, tetapi saya hanya menghindari kesalahan ketika screening data nanti, Karena saat ini banyak perusahaan yang menerapkan lowongan yang benar-benar sesuai dengan background pendidikannya, seperti ketika kita udah tau lowongan dibuka untuk lulusan d3, para lulusan S1 tetep aja apply posisi itu. Alhasil, screening administrasinya gagal. Jadi, kita mesti jeli dalam membaca informasi pekerjaan.

Sebelumnya saya ingin cerita dahulu sebelum apply lamaran di BPJS pada tahun ini, saya tahun lalu juga sudah berusaha melamar pujaan hati ini. Eh maksud saya melamar di BPJS juga tahun lalu, tapi Karena mungkin belum rejekinya saya hanya mentok sampai tahap CONFIRMATORY TEST (belum sampai tahap PSIKOTES). Mungkin saya akan bercerita terlebih dahulu mengenai pengalaman tes tahun kemarin. Waktu itu pembukaan rekrutmen bulan april – mei 2016. Alhamdulillah waktu itu bisa lolos seleksi Administrasi (dengan cek data di internet yang sudah kita isi setelah registrasi), setelah dinyatakan lolos seleksi Tes Online, dilanjutkan tes Konfirmasi (ketika itu saya memilih lokasi Tes di Yogyakarta).

Pengumuman untuk Confirmatory Test 2016

 
Kartu Tes untuk Confirmatory Test 2016

Tapi itu dulu, dan sekarang adalah kesempatan saya untuk memperbaiki semuanya. Tentu harapan saya sangat besar untuk bisa bergabung di BPJS ini. Mudah-mudah Allah SWT memberikan saya kemudahan dalam menjalankan segala tes yang diujikan kedepan hingga babak final (kayak lagi turnamen saja ya.. hihi). eitz tapi emang bener banget, ini adalah sebuah turnamen untuk memperebutkan sebuah kursi yg istimewa. bagaimana tidak, untuk tahun lalu saja yang mendaftar di seluruh indonesia sekitar 150rbuan orang sedangkan yang diterima hanya 500an saja. kalau dapat dihitung dengan prosentase maka hanya sekitar 0.3% saja dari jumlah pendaftar yang masuk.  sungguh butuh perjuangan yang besar.

oke kembali lagi ke tahun 2017 ya bro, Akhirnya tanggal 18 Maret 2017 hari sabtu jam setengah satu pagi, saya dapat sms dan email dari BPJSTK, langsung saya login dan alhamdulillah saya lolos administration screening dan diarahkan untuk tes online pada hari selasa besok jam 8 pagi. Saya tanya tanya teman saya yang mendaftar BPJS TK juga, beberapa ada yang lolos tetapi jadwal tes online mereka berbeda-beda dan tidak hanya dilakukan sehari.

 
Pengumuman Tes Online BPJS 2017

Sekarang tinggal mempersiapkan untuk tes besok dengan membuka-buka kembali soal-soal psikotes yang ada dan berbekal pengalaman dari psikotes  sebelumnya, ditambah koneksi internet yang stabil tentunya.. hehe.. selain itu juga siapkan kertas kosong dan bolpoint buat coret – coretan, dan juga kalkulator siapa tahu berguna.

Mudah-mudahan soal yang diujikan nanti hampir sama dengan tahun lalu. Kalau tidak salah tahun lalu tes onlinenya terdiri atas empat kelompok. Setiap kelompok diberi waktu 6 menitan sehingga keseluruhan tes membutuhkan 30 menitan. Setiap kelompok soal selalu diawali dengan intruksi dan contoh. Jadi, harus diperhatikan intruksinya supaya tidak salah mengerjakan. Satu kelompok soal ada 50 soal (kayaknya, haha). Bayangin aja, waktu 6 menit mengerjakan 50 soal. Kemungkinan selesai pasti sangat kecil. Jadi harus sering-sering latihan dan membaca supaya semakin mahir.

Kelompok soal pertama yaitu soal hitungan sederhana. Kelompok soal yang kedua tentang gambar dimensi tiga yang dirotasi. Kelompok soal yang ketiga yaitu soal cerita matematika tapi yang sederhana. Kelompok soal yang keempat saya lupa, haha. Yang harus diinget, kalo waktu habis tidak bisa kembali ke halaman sebelumnya Karena ini adalah tes online. Jadi tidak ada peluang buat mengkoreksi. Yang terpenting, pastikan jawaban benar. Selebihnya, serahkan semua ke Allah SWT.

Nah saran saya, kalo ngerjakan tes online jangan sendirian, ajak temen yang jago matematika (walaupun saya juga anak matematika, hehe..), yang bawaannya santai, tidak mudah panik. Karena soal hitungannya sederhana dan angka angkanya juga tidak ribet. Jadi, kalkulator kayaknya nggak perlu. Kalo saya lebih suka sendiri sih, biar bisa fokus dan lebih tenang ngerjainnya.


Oke lanjut besok lagi ya, Insya Alloh tulisan ini akan berlanjut setelah saya lulus dari tes online ini.. amiin ya rabb..


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tapi eh tapi sepertinya saya ingin menambahkan update saya setelah mengikuti tes online BPJSTK kemarin sebelum mengawali kembali tulisan saya besok ya sob.. hehe.. yups saya kemarin mengikuti tes online tepatnya tanggal 29 April jam 7 malem. lho kug bisa ya? bukannya tanggal 21 Maret kemarin? 

Mungkin kalau bro sis membaca tulisan awal saya bakalan tahu kalau saya sudah mendapatkan jadwal untuk tes ditanggal 21. entah karena apa ternyata jadwal tes online saya di rechedule dari pihak panitia rekrutmen. rechedule itupun bahkan sampai berlangsung dua kali. pertama saya disuruh tes tanggal 25 Maret, kemudian direchedule kembali untuk tanggal 29 April. sempat was-was waktu itu terutama ketika rechedule yang kedua yang memakan waktu yang cukup lama. tapi tetap harus saya jalani dengan sabar dan percaya jika memang rejeki tidak kemana.

Alhamdulillah Kemarin saya telah menjalani tes online BPJSTK 2017 dengan lancar tinggal tunggu pengumuman. ketika itu terdapat 4 sesi pertanyaan. sesi pertama adalah tes gambar 21 soal (10 menit), sesi ke-2 tes Premis 20 soal (13 menit), sesi ke-3 Matematika 20 soal (10 menit), sesi terakhir adalah tes kepribadian sebanyak 60 soal dan harus selesai dalam 17 menit, dan catatan untuk sesi terakhir yaitu tes kepribadian diharuskan selesai.

mungkin saya hanya ingin memberikan tips sedikit supaya diberikan kelancaran utamanya ketika akan menjalani tes online apapun posisinya yaitu :

1. selalu patuhi peraturan yang sudah ditetapkan. seperti ketika tes online BPJSTK kemarin yang diharuskan memakai browser Google Crome atau Mozilla Firefox terbaru. jangan lupa juga supaya cek apakah dikomputer anda sudah terinstal Java dan Flash Player. saran saya untuk lebih mudah gunakan saja 

Firefox Extended Support Release for Your Organization

bagi yang belum tahu Firefox terdapat dua jenis yang umum dan yang tipe ESR. untuk tipe ESR ini saya belum begitu paham betul tapi dari pengalaman yang ada dari tipe Firefox ESR ini jika sudah diinstal sangat mudah untuk menautkan dengan Java dan Flash Player kemudian. berbeda dengan crome yang memang tidak bisa support untuk java.
untuk lebih mudah dibrowser kita apakah sudah bisa support untuk java dan Flash Player nya melalui web https://www.whatismybrowser.com/.

2. Gunakan sinyal Internet yang paling lancar di tempat Anda. jangan sampai ditengah ujian berlangsung inet kita mati dan yang paling dikhawatirkan akhirnya kita gagal untuk tes onlinenya.
3. lihat komunitas untuk sesama peserta tes dan saling berbagi pengalaman yang tentu sangat membantu kita juga karena mendapatkan tips & trik baru.
4. terakhir adalah Usaha dan Doa yang harus maksimal tentunya.. hehe..

Mungkin itu dulu dari saya mudah-mudahan bermanfaat ya kawan. selamat bertemu di tes selanjutnya.. :D

Diruang yang sederhana ini, saya mencoba berkarya meskipun hanya di dunia maya.

9 komentar

mbak.. gimana udah dapat kabar lagi tes onlinenya.. aku juga salah satu peserta, cuma waktu itu servere down dan sampai sekarang belum ada kabar lagi..:-( :-(

This comment has been removed by the author.

saya mohon maap baru bisa membalas krn bru sempat buka blog kembali.. kalau saya baru saja tes BPJS Ketenagakerjaan kemarin sabtu 29 April dan Alhamdulillah lancar ndak ada halangan yg berarti.. klo reschedule sy liat sprtiny sudah tidak ada lgi, jdi mudh2an cma sekali reschedule saja untuk membagi server website rekrutmen supaya tdk down. sy jga byk dpet tips dri beberapa beserta lain yg ikut tes jga di grup telegram @bpjstk.. Alhamdulillah sangat membantu sekali dari sharing teman-teman disana.. :)

sukses terus bro, semoga di berikan kemudahan untuk bergabung sma kita ... :D

terus hasilnya di terima ga kak??

saya mau tanya kalo habis tes online bpjs biasanya ada notifikasinya tgl dan jam telah mengikuti tes pada hari itu?

Permisi bang, mau nanya nih.. Tes kepribadian kemarin lebih banyak dijawab apa? Sangat setju atau pilihan pertengahan ? hehe

ada mbak azizah.. nnti di akun web rekrutmen bpjsny ada keterangan tanggal beserta ketentuan yang sudah dilalui :)

ya bervariasi Gea.. krn klo tes kepribadian disesuaikan dgn hati aja. ndak usah terlalu byk mikir krn itu ntuk menentukan kepribadian kita sesuai dgn pekerjaan atau tidak. biar tidak terkesan hasilny dibuat2

Silahkan tambahkan komentar Anda, Semoga dapat sama-sama membangun. Terima kasih.
EmoticonEmoticon

Video

loading videos
Loading Videos...